“Pulau Kecil Selebar Daun Kelor”

IMG_9943Kenali Indonesia kenali sejarah dan kepulauannya yang terhampar luas dari sabang sampai merauke, salah satu Pulau dekat dari Jakarta dan memiliki sejarah panjang keterkaitannya dengan Jakarta. Pulau tersebut adalah Pulau Kelor.

Pulau Kelor adalah salah satu saksi sejarah dimana Belanda pernah menduduki Indonesia, Pulau Kelor dahulu dikenal dengan nama Pulau Kherkof merupakan pulau yang berada pada gugusan kepulauan Seribu. Pulau ini tidak besar, sehingga masyarakat banyak yang menyebut “Pulau ini kecil, hanya selebar daun Kelor”. Jarak tempuh ke Pulau ini dari Ancol atau dari Muara Kamal hanya sekitar 1 jam pelayaran dengan kapal motor.

Saya dan kelima teman berangkat dari Muara Kamal pukul 07.00 WIB pagi, suasana Muara Kamal penuh dengan penjual ikan membuat suasana pagi itu menjadi tidak biasa. Bau menyengat ikan dan air pantai yang hitam menjadi sambutan pertama untuk menempuh ke Pulau Kelor.

Kapal Nelayan mIMG_0145kuembawa kami meninggalkan kawasan Kamal dan padatnya penduduk dipinggiran Jakarta ini, banyaknya bambu-bambu ditengah laut tempat untuk memancing dan menangkap ikan menjadi pemandangan baru, perlahan air laut berubah dari hitam pekatnya menjadi biru dan terus membiru sampai kapal berhenti di Pulau yang kami Tuju.

Di pulau ini terdapat peninggalan Belanda berupa galangan kapal dan benteng yang dibangun VOC untuk menghadapi serangan Portugis di abad ke 17. Di sini juga terdapat kuburan Kapal Tujuh atau Sevent Provincien serta awak kapal berbangsa Indonesia yang IMG_9993 copymemberontak dan akhirnya gugur di tangan Belanda.

Pulau Kelor begitu indah, manis dan menghipnotis mata saya untuk terus menatap benteng Martello walaupun Benteng ini sudah tidak utuh lagi. Benteng yang banyak menyimpan sejarah ini menjadi objek menarik untuk foto dan mencari banyak tahu apa yang tersimpan didalamnya.

Memang sudah terkenal Jika di Pulau Kelor Panas, karena pulau ini kecil dan tidak banyak pohon tumbuh disini, tetapi jangan takut Pemerintah sudah menyediakan saung-saung kecil tempat untuk berteduh dan Toilet bersih. Yang perlu dipersiapkan hanya makanan dan cemilan yang harus kita bawa dari Darat, tidak ada waIMG_0085wakwawwwrung atau penjaja makanan lainnya.

Yang mau mandi, saya sudah membuktikan sendiri jika mandi di Pantai Pulau Kelor ini sangat menyenangkan. Pantai pasirnya putih, airnya jernih dan banyak ikan-ikan kecil bermain dipinggir pantai mengikuti alunan merdu deburan ombak.

Indonesia memang luar biasa, bahkan di Jakarta yang sudah tekenal dengan banyak limbah, masih menyimpan Pantai yang bersih berpasir Putih. mau bukti silahkan buktikan sendiri.

kelebihan lain lagi adalah sejarah panjang dari Pulau ini, membuat semua perjalanan menjadi menarik. Jika Anda berminat kemari, saya siap mengantarkan sampai tujuan.

Indonesia itu indah kawan. aku berjanji akan terus menelusuri keindahan negeri ini dan menceritakan untuk anda.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s