GunungKidul Aset Wisata Masa Depan

bjhggPerlahan tapi pasti, Gunungkidul yang terletak tidak jauh dari Yogyakarta kini mulai menjadi tujuan para wisatawan. Banyak tempat wisata menjadi Primadona dan tujuan ketika wisatawan mengunjungi daerah Yogyakarta, selama ini wisatawan mulai mengenal Pantai Baron, Pok Tunggal, Indrayanti, Goa Pindul dan beberapa pantai lainnya yang sudah lebih dulu menjadi Primadona wisata Pantai. Tapi tahukah Anda jika Gunungkidul masih menyimpan harta karun wisata lebih indah dari lainnya.

Tujuan pertama saya ke Gunungkidul adalah Pantai Seruni, banyak orang mengatakan kalau Pantai ini bagus, bersih dan masih sepi. Dan katanya dipantai ini juga terdapat sumber air tawar, sumber air tawar tersebut berada ditebing sebelah timur dan mengalir cukup deras walau kecil tetapi sebagian mengalir ke bawah menjadi air terjun kecil. Dari banyak pertimbangan inilah menjadi alasan saya untuk segera berpetualangan kembali ke GunungKidul setelah kunjungan pertama saya dulu ke Goa Pindul.

Pantai Seruni adalah salah satu tempat wisata di Gunung Kidul. Kata orang “Pantai ini memiliki view yang sangat indah dan dilengkapi dengan desiran ombak pantai yang memberikan kesan romantis bagi setiap pengunjung. Selain itu, di pantai ini, para pengunjung akan mendapatkan suasana yang tenang dan lingkungan yang masih angat alami. Sehingga, bagi Anda yang menyukai petulangan di alam sangat cocok untuk datang ke tempat ini” mari kita buktikan.

Sudah menjadi hukum Alam kalau tempat wisata masih bagus dan belum terjamah itu pasti sulit akses menuju kesananya, karena jalan yang rusak dan informasi yang belum banyak orang mengetahui, begitu juga akses menuju ke Pantai Seruni ini. Untuk mencapai kesana saya memerlukan waktu sekitar 2 jam dari Kota Yogyakarta. Karena pantai ini berada di Kecamatan Tepus, Gunungkidul, kira-kira hanya 1 km di timur Pok Tunggal.

Ketika saya sudah sampai disekitaran Pantai Pok Tunggal pandangan mata melihat jalan kecil yang tidak bisa dilalui oleh Sepeda motor atau Mobil dan hanya bisa dilalui dengan jalan kaki, mau tidak mau perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki, sambil memandangi Alam sekitar. Jika Anda masih bingung, rute kepantai ini hampir sama kepantai Pok Tunggal, tetapi nanti belok kiri dan mengikuti jalanan kecil sebelum sampai dipantai Pok Tunggal. Kenapa saya tidak memilih ke Pantai Pok Tunggal saja, itu karena saya ingin menjadi beda dan dengan mengunjungi tempat wisata baru dan belum banyak orang kunjungi.

Perjalanan letih untuk menuju pantai ini terbayar luas, ketika hamparan pantai berpasir putih halus dan bersih terhampar luas dihadapan saya, inikah Pantai Seruni pantai yang mempunyai arti emas. Seperti mendulang dipertambangan emas dan inilah hasil dari perjalanan meletihkan.

Pada saat saya kemari Pantai Seruni masih tetap terjaga sehingga memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang memang sengaja menghabiskan waktu di sini. Selan itu terlihat beberapa anak muda melakukan kegiatan camping atau memancing selama berwisata di Pantai Seruni. Di atas tebing sebelah timur, pengunjung akan menemukan sumber air tawar yang akan mengalir tanpa berhenti. Sebagiannya mengalir ke bawah dan menjadi air terjun kecil yang elok dan menarik. Sungguh pengalaman luar biasa bisa menginjakkan kaki di Pantai Seruni.

Tidak lama saya berdiam diri di Pantai Seruni, menyesal memang. Tetapi karena Gunung Kidul masih menyimpan banyak tempat lainnya yang sayang untuk tidak dikunjungi jika sudah telanjur berada ditempat ini dan waktu terbatas membuat saya harus pintar merencanakan semua. Salah satu tempat baru yang patut dikunjungi adalah Embung Taman Buah Nglanggeran.

Embung sekaligus Taman Buah yang berada Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta merupakan  Waduk yang berada di atas Gunung dengan ketinggian 495 mdpl. Taman buah berada di sekitar Embung / Bendungan / Waduk kecil, dengan luas 40 Hektar, yang akan ditanami buah buahan seperti durian montong dan kelengkeng.

Lokas menuju Embung Nglanggeran tidaklah sulit, akses menuju ketempat ini sudah terkenal dengan adanya jembatan gantung dan GunungApi Purba Nglanggeran disekitaran GunungKidul, setelah masuk pintu masuk GunungApi purba terus saja ikuti jalan aspal kira-kira 400 meter sebelah kiri jalan sudah ada tanda penunjuk arahnya. Taman buah Nglanggern ini memang unik karena tempatnya berada diatas bukit dan berbeda dengan taman buah yang sudah ada diberbagai tempat didunia saat ini, tempat ini diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono tanggal 19 Februari 2013.

Masyarakat Desa Nglanggeran sangat antusias dan mendukung karena akan sangat berhubungan dengan pengembangan kawasan ekowisata berwawasan lingkungan bebasis masyarakat yang sudah dirintis secara swadaya oleh masyarakat. Proses pelaksanaan pembuatan kebun buah didampingi yayasan obor tani. Dan tentu saja akan banyak wisatawan datang berkunjung dan itu artinya akan ada pemasukan baru untuk masyarakat sekitarnya.

Taman buah ini ini sangat bagus untuk para pecinta foto dan buah, karena keindahan pemandangan pegunungan dan embung yg indah. Selain itu Anda juga bisa mengabadikan momen sunset dengan latar hamparan air, sungguh sulit dicari ditempat lain. Keunggulan wisata ini selain menikmati buah, wisatawan yang berada dikawasan embung dan kebun buah ini bisa menyaksikan bentangan Gunung Api Purba dan Puncaknya secara jelas, tentu saja menambah panorama alam secara sempurna dan semakin mencirikan keindahan Indonesia yang tidak dimiliki Negara lain. Jadi jangan lewatkan untuk mengunjungi tempat terindah di GunungKidul ini, GunungKidul adalah Aset berharga untuk wisata masa depan disekitara Jogja ketika semua orang sudah mulai mencari alternative lain setelah Jogjayakarta. Inilah Indonesia yang tidak akan pernah habis untuk menceritakan tempat terindah lainnya. Selamat berpetualang.

 

Photo : Galang Tangguh Ramadhani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s