Ada Keajaiban di Belitong

hgyyKepulauan Bangka Belitung menjadi primadona pariwisata yang banyak dikunjungi saat ini, daya tarik yang begitu kuat untuk datang ke kepulauan Bangka ini tidak lepas dari suksesnya karya-karya Andrea Hirata (laskar pelangi) yang sudah diangkat ke layar lebar. Salah satu tempat  wajib dikunjungi di Kepulauan ini adalah Pulau Lengkuas. Walaupun Pulau ini tidak menjadi bagian dalam cerita, namun pulau ini menjadi  Agenda wajib untuk dikunjungi ketika berada di kepulauan bangka. Dan saya termasuk salah satu orang yang ingin merasakannya sebentar lagi.

Semilir angin begitu lembut mengusap rambut, dikejauhan terlihat pulau dengan mercusuar menjulang tinggi nampak gagah berdiri, Pulau itu adalah Pulau Lengkuas. Pulau Lengkuas, tempat di mana keindahan hamparan laut biru jernih bertabur batuan granit nan eksotis. Saya masih berada di Kapal setelah naik dari tanjung kelayang, butuh waktu 30 menit dari Kecamatan Sijuk untuk bisa naik Kapal dengan harga biaya 400 ribu dari harga normal 500 ribu setelah tawar menawar secara alot.

Pulau Lengkuas adalah salah satu primadona pariwisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pulau ini merupakan satu dari ratusan pulau yang mengelilingi Pulau Belitung. Daya tarik utama di pulau ini adalah sebuah mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882. Hingga saat ini, mercusuar tersebut masih berfungsi dengan baik sebagai penuntun lalu lintas kapal untuk  melewati atau keluar masuk Pulau Belitung.

Sampai di Pulau Lengkuas pandangan mata saya terus tertuju ke Pantai dan air berwarna biru dengan pemandangan ikan-ikan kecil berlarian diantara karang-karang indah yang masih sehat, sesekali tangan saya mengambil pasir begitu putih dan lembut “ ini Gula bukan Pasir” celetuk Naya (teman yang ikut menenami ke pulau ini) tidak sabar rasanya untuk menceburkan diri ke laut, tetapi rasa itu saya tahan dulu sebelum puas melihat semua isi di Pulau ini, termasuk naik Mercusuar dihadapan saya saat ini. Dan yang tidak boleh dilewatkan adalah foto narsis didepan Mercusuar Pulau .

Coba bayangkan jika belum pernah melihatnya. Pulau ini memiliki Mercusuar, di seputar pulau juga ada banyak pulau batu-batu granit yang bisa dicapai hanya dengan berjalan kaki. Struktur batu-batu granitnya juga unik, batu nya mulai dari berukuran sebesar meja makan, sebesar mobil sampai sebesar truk  kemudian dikombinasikan dengan pantai berpasir putih dan pepohonan. Menurut saya Pulau ini adalah karya Tuhan paling sempurna. Meski kuno, mercusuar ini masih beroperasi sampai sekarang. Menara setinggi 70 meter ini membantu navigasi kapal-kapal untuk keluar masuk Tanjung Binga. Masuk ke atas mercusuar ini tidak dipungut biaya alias gratis. Tapi ada kotak sumbangan sukarela yang ditempatkan di pintu masuk.

Puas berfoto saya masuk ke Mercusuar dan wajib diperhatikan pengunjung harus melepaskan alas kaki dan mencuci kakinya di Bak. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dari Pasir yang membuat licin lantai di Mercusuar. Setiap lantai terdapat jendela menghadap laut  dengan pemandangan luar biasa, ada 18 lantai yang harus dilewati untuk bisa mencapai ke puncak. Sampai diatas mercusuar saya begitu terpukau, begitu takjub dan bersyukur masih bisa menyaksikan karya Tuhan yang begitu luar biasaa, semua keindahan ini adalah obat letih dan hadiah dari pegalnya kaki.

Keberuntungan saya dan teman-teman masih terus berlanjut. Pemilik Kapal melihat Pulau Gosong Pasir muncul ke permukaan, mereka mengajak kami untuk menikmati pengalaman yang tidak bisa dimiliki semua pengunjung, karena Pulau Gosong Pasir sering berada dibawah air ketika air pasang.

Pulau gosong adalah satu-satunya pulau pasir yang ada di Belitung. Pulau ini tak bisa disebut luas. Bahkan tak sampai semenit untuk berlari mengelilingi pulau tersebut. Pulau kecil di tengah lautan biru hanya ada pasir, pasir, dan pasir. Pantaslah disebut sebagai Pulau Pasir. Pulau aneh tapi nyata ini hanya bisa dinikmati oleh orang-orang tertentu. Mengingat untuk bisa menikmati pulau ini, anda harus diwaktu yang tepat, karena kadang-kadang pulau ini tampak dan timbul ketika air laut sedang surut dan sebaliknya jika airnya sedang pasang.

Sejatinya dipulau ini memang tidak ada apa-apa selain pasir putihnya. Pulau Gosong Pasir saya sebut sebagai Pulaunya rumahnya Bintang laut, bintang laut dengan mudah ditemui di pulau ini. Tak hanya di dalam air, di bibir pantai, pertemuan antara pasir dan laut pun bisa ditemukan bintang laut. Sangat mudah menemukan bintang laut di pulau ini. Dari ukuran kecil sampai ukuran yang besar, kira-kira setelapak tangan orang dewasa.

Pulau ini letaknya sangat dekat, dengan waktu sekitar 15 menit dari pantai Tanjung Kelayang. Tidak jauh dari pulau ini, saya bisa menyaksikan dan menikmati pulau lain disampingnya, yaitu pulau batu berlayar. Dan tentu saja Gradasi warna laut dari biru terang ke biru muda, menunjukkan air yang begitu bening dan dangkal. Tambahan pasir putih di dasar laut begitu jelas terlihat. Berenang santai atau sekadar mengapung di atas laut adalah kegiatan seru yang tidak boleh dilewati di Pulau kecil ini, dan tentu saja berfoto narsis bersama bintang laut jangan sampai Anda lewatkan.

Waktu berlalu dengan cepat, Pemilik Kapal sudah memanggil saya dan teman-teman untuk kembali naik Ke Kapal dan melanjutkan perjalanan untuk mengelilingi tempat indah lainnya di Pulau Belitung ini, namun rasa berat untuk meninggalkan pulau kecil indah ini begitu besar dan hal itu juga bisa saya lihat dari raut wajah teman-teman yang nampak kecewa. namun perjalanan ini masih harus terus berlanjut, dan saya berjanji untuk kembali suatu hari nanti. Aku Cinta Indonesia

By : Zay dan Naya

 

2 thoughts on “Ada Keajaiban di Belitong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s