Pantai Di Bukit Kapur itu Bernama Pandawa

1235385_10202026996985311_1683938547_nBagi Anda yang sering berlibur ke Bali, mungkin sudah bosan dengan pantai Kuta, Sanur ataupun Dreamland, Tanah Lot, Tanjung Benoa. Tapi tahukah Anda, jika di sebenarnya di Bali banyak tempat wisata yang belum terekspose atau masuk dalam kategori hidden paradise, salah satunya adalah Pantai Pandawa.

1175748_10202026982064938_529916800_nMenurut informasi dan cerita dari beberapa orang yang pernah berkunjung ke Pantai Pandawa mengatakan, Pantai Pandawa terletak di Kuta selatan, Kabupaten Badung. Pantai ini dapat ditempuh sekitar satu jam perjalanan dari Bandara Ngurah Rai. Semula Pantai Pandawa dikenal sebagai Secret Beach, karena lokasinya tersembunyi di balik deretan perbukitan batu yang hanya ditumbuhi semak-belukar  dan sangat sulit untuk menuju kesana. Akses yang cukup cepat dapat melalui jalur Jimbaran atau  Universitas Udayana. Melalui Jalur dekat Fakultas Teknik Udayana dan akses terbaik kesana adalah menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi untuk menuju ke pantai ini. Karena belum ada Transportasi umum yang sampai ke tempat ini.

Keindahan Pantai Pandawa terkenal karena pasir pantainya yang putih dan halus, serta ombak pecah ditengah laut sebelum mencapai bibir pantai sehingga tidak berbahaya bagi pengunjung yang ingin mandi atau berjemur, selain itu adanya Bukit Kapur menjulang tinggi yang tidak ditemukan ditempat lain dan istimewanya Bukit Kapur ada yang terbelah dua sebagai masuk sebelum mencapai bibir pantai, membuat orang semakin penasaran termasuk saya.

1235136_10202026980464898_1881819691_nHari itu setelah bosan menikmati sunseat di Pantai Kuta, saya dan ketiga teman memutuskan kesana dengan menggunakan mobil pribadi sewaan hasil dari pertimbangan sulitnya medan dan jalur yang belum kami ketahui.

Dari Kuta letak penginapan saya, perjalanan menuju Pantai Pandawa dimulai menuju ke Jimbaran dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam, sampai dikawasan Kampus udayana kondisi jalan mulai berliku  naik turun dengan pemandangan bukit kapur yang banyak terhampar dikawasan ini, untungnya aspal sudah bagus. Jalan yang sudah bagus menuju Pantai Pandawa ini benar-benar telah memudahkan perjalanan kami.

Hari sudah semakin siang tanda-tanda Pantai Pandawa masih juga belum terlihat, hanya sesekali terlihat plang nama kecil untuk menunjukkan arah ke Pantai Pandawa. Setelah belok kiri jalanan masih mulus lurus sampai ada tikungan rada menanjak, terlihat papan petunjuk Pantai Pandawa belok kanan. Setelah belok kanan ini kita akan masuk jalanan sempit melewati perkebunan warga, Sampai akhirnya mobil melewati Bukit kapur yang dipangkas rapi dan ternyata ini adalah pintu masuk ke Pantai Pandawa. Yang menarik dari tempat ini adalah jalanan menuju lokasi membelah bukit kapur dan terdapat beberapa Patung Panca Pandawa yang dipahat didalam Bukit Kapur ini.

1146539_10202026983704979_524605187_nDari tempat tertinggi Bukit Kapur, Pantai Pandawa terlihat eksotis dari kilauan pasir dan air laut biru yang terhampar luas.  Tentu saja keindahan ini menarik saya untuk cepat-cepat sampai kebawah dan berlarian dipantai bersih dan sepi, perlu diketahui ditempat ini paling banyak wisatawan Asing dan itu tidak lebih dari 10 orang dibandingkan turis lokal yang bahkan tidak ada sama sekali kecuali saya dan ketiga teman. tiket masuk Pantai Pandawa cukup membayar Rp 2.000 per orang dan untuk turis asing dikenakan Rp 5.000.

Mata saya kembali dibuat terkagum saat memasuki area pantai Pandawa. Panorama birunya air laut dan putihnya pasir begitu indah menawan dan tidak terlihat sampah satu pun dipantainya. Suasana pantainya yang sepi dan tenang hanya ada beberapa bule yang berjemur, tidak ada pengamen, tidak ada pengunjung anak kecil sangat cocok sekali untuk berlibur dan menyegarkan otak dari padatnya rutinitas.

1238353_10202026985825032_829427952_nPantai ini sangat cocok untuk mandi atau berenang karena ombaknya pecah di tengah laut. Bermain pasir di Pantai Pandawa juga sangat menyenangkan, karena pasirnya sangat lembut. Untuk yang hoby surfing dan kano, Anda bisa memanfaatkan penyewaan yang disediakan ditempat ini. Untuk Anda yang malas dan hanya ingin berjemur, maka Anda bisa memanfaatkan payung dan kursi pantai yang disewakan sekitar Rp. 30.000,-.

Saya yang tidak percaya pantai seindah ini sangat sepi pengunjung hanya terdiam duduk diatas pasir dengan sesekali melihat bule yang sedang asyik berjemur ditengah teriknya Matahari. Keindahan Pantai Pandawa ini memang belum banyak diketahui orang dan masih sangat alami untuk Anda yang ingin berlibur jauh dari keramaian, dan saya selalu berharap kerahasian Pantai ini terus terjaga sehingga tidak banyak orang yang mengetahui dan tetap terjaga keindahannya.

539090_10202026984985011_277136834_n

 

3 thoughts on “Pantai Di Bukit Kapur itu Bernama Pandawa

  1. Saya juga baru saja dari pantai Pandawa tgl 2 s/d 5 Januari 2014 Pemandangannya memang benar2 bagus dan ada nilai lebih dari pantai Kuta sebab pantainya agak luas dan jauh dari ombak yg ganas seperti di Kuta juga ada permainan kano yg sangat menarik untuk kita coba dana tidak berbahaya.
    belum lagi pemandangan jika dilihat dari pantai maupun dari tebing ke pantai.Sama2 bagusnya.Pkoknya kalo ke bali tidak ke Pantai Pandawa amat sangat rugi. Salam Back Packer

  2. Pantai Pandawa sekarang tidak sepi lagi, sudah banyak turis lokal yang sudah kesana namun yg saya harapkan jagalah kebersihan Pantai Pandawa dari sampah bekas makanan

  3. hihihi, bukan hanya pandawa yg jadi hidden paradise dibali, masi banyak lagi. aku udh ke pantai tidung yg dulu pernah km ceritain, udh jg ke karimun jawa, lombok, sama naik gunung semeru lohh. salam back packer hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s