Surga Kecil itu bernama Pulau Karimun Jawa

17613_10200729380769899_1300064865_nHomestay dan hotel mulai tumbuh dengan pesatnya di sekitar Pantai, sehingga membuat para wisatawan menjadikan Pulau Karimun Jawa sebagai Homestay setelah capek Snorkling atau berkeliling pulau.

Keindahan Pulau Karimun Jawa terletak di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pulau ini mendadak menjadi Primadona, karena keindahan bawah laut dan bersihnya pantai ini membuatnya terkenal hingga ke Mancanegara.

Berdasarkan legenda yang beredar di kepulauan, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak “kremun-kremun” (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak “kremun-kremun” maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun.

Dermaga utama Karimunjawa terletak di pulau seluas 4302,5 hektar ini, menjadikannya sebagai tempat pertama yang disinggahi oleh setiap orang yang datang. Pulau ini juga merupakan tempat sebagian besar masyarakat tinggal sehingga fasilitas yang ada relatif lebih lengkap dibandingkan pulau-pulau yang lain

Tak hanya pantai dan keindahan bawah lautnya yang banyak mengundang wisatawan, akan tetapi kesunyian suasana di tempat ini dan ditambah adanya penakaran ikan Hiu yang tidak ditemukan ditempat lain, membuat pengunjung memutuskan ke Pulau ini termasuk saya.

1004060_10200729448251586_81420130_nPertama kali menginjakkan kaki ke dermaga setelah turun dari kapal, terlihat air laut begitu jernih dan hembusan semilir angin begitu lembut mengusik rambut, langkah kaki semakin cepat melangkah dan saya langsung berlari menuju ujung jembatan dermaga untuk menatap biru air laut dan awan bersih diatas pulau-pulau kecil didepan mata saya.

Pagi sudah beranjak sedikit dari waktunya, saat seperti ini adalah waktu yang tepat untuk Snorkling. Kata orang Pulau Karimun Jawa memiliki keindahan laut yang tiada duanya. Wilayah bawah laut yang dihuni ribuan spesies dan terumbu karang ini merupakan suatu pemandangan yang sangat menakjubkan. Untuk membuktikan kata orang tersebut, saya mulai naik perahu ditemani Guide yang akan mencarikan Spot terindah dipulau ini. Kacamata sudah dipasang waktunya menceburkan diri kelaut dimulai, mata saya Nampak berwarna warni menatap keindahan terumbu karang dan berbagai ikan kecil yang berhamburan menghampiri saya membawa makanan. Saat bermain bersama ikan inilah nilai jual dari pulau Karimun Jawa yang dibawa pulang oleh para Wisatawan dan diceritakan kepada teman-teman atau saudaranya sehingga membuat penasaran dan akhirnya berkunjung ketempat ini.

Usai Snorkling, saya diajak berkeliling melihat pantai bersih yang memiliki pasir yang lembut, tidak perlu lama saya mulai berlari ke tepi pantai dengan tidak memperdulikan hal lain, berlari, meloncat dan tertawa bersama air dan ombak di Pantai Karimun Jawa adalah momen terindah, pasir pantai yang bersih, air laut yang biru semakin memanjakan badan untuk terus basah dan bergulingan diatas pasir.

Ternyata liburan belum habis, Guide mengajak kami untuk bersandar ke penakaran ikan hiu. Dengan membayar biaya Rp. 10.000,- saya sudah berenang bersama beberapa ikan pemangsa yang paling ditakuti di Laut. Dengan perasaan takut dan was-was saya mencoba menyapa Hiu tersebut dengan sesekali mengajaknya bercanda dan berfoto narsis. Ngeri tapi menyenangkan. Tidak hanya penakaran ikan hiu, ternyata masih ada Ikan Pari, Penyu dan Bintang laut dengan tariff yang dikenakan lebih murah dari Ikan Hiu, yaitu Rp. 3000.

Sambil menunggu malam, saya kembali ke dermaga menikmati hamparan air laut dan hembusan angina yang tenang, hingga senja tiba dan langit perlahan berubah menjadi jingga. Saat seperti ini adalah waktu paling romantis jika Anda duduk berdua bersama sang kekasih menikmati Matahari tenggelam dan menikmati ribuan bintang ketika malam sudah menyapa. Seperti saya yang menikmati Senja bersama khayalan yang terus saya bawa ketempat-tempat terindah.

Menikmati malam di Dermaga menjadi lebih lengkap ketika saya menyusuri malam dengan melihat-lihat pasar malam membeli cinderamata yang bisa dibawa pulang. usai berbelanja waktunya makan malam, menikmati ikan bakar di alun-alun adalah tempat yang paling pas dan asyik bersama kelima teman saya ini, ikan kakap bakar di olesi kecap dan irisan cabai menjadi pelengkap malam yang tidak terlupakan di Pulau ini.

Pagi kembali menyapa, hari kedua di Karimun Jawa menjadi lebih segar dan seakan malas kembali ke kota. Hari ini saya memutuskan untuk mengunjungi Bukit Love ( cinta ), berdiri diatas bukit Love ini dapat melihat hamparan laut luas di Laut lepas yang dihiasi pulau-pulau kecil disekitaran Pulau Karimun Jawa.

Yang perlu diwasapadai jika Anda pergi ke Pulau Karimun Jawa ini adalah cuaca yang berubah-ubah, jika cuaca sedang tidak bersahabat ditandai dengan angina kencang dan ombak yang tinggi, maka Kapal tidak akan bisa menuju ke Pulau karimun Jawa, atau dari yang Karimun jawa tidak bisa kembali ke darat samapai cuaca kembali normal. Selain itu Anda harus mengetahui jadwal keberangkatan Kapal, biasanya dari Pelabuhan Kartini jam 6 pagi.

Pulau Karimun Jawa dengan segala keindahan dan ketenangan pulaunya telah memberikan banyak pengalaman baru tentang keindahan Alam Indonesia. Sungguh Indah Negara ini dengan segala keragaman budaya dan ribuan tempat wisata yang tidak dimiliki Negara lain. AKu berjanji akan terus menjaga keindahan Negara ini dan mengunjungi tempat terindah lainnya di sudut Nusantara kemudian menceritakannya kepada semua orang di Dunia. (Zay Gie )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s