Mengintip Penyu Bertelur di Pantai Ujung Genteng

oiiAnda penggemar wisata Pantai, mulailah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang Pantai Ujung Genteng yang terletak dikawasan Sukabumi. Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata pantai yang patut untuk dikunjungi, karena Ujung Genteng memiliki banyak kelebihan dan keistimewaan yang tidak dimiliki pantai lain, di pantai ini Anda bisa mengintip penyu yang sedang bertelur, dan tentu saja pasir putih indah dan karang-karang cantik.

Pantai Ujung Genteng merupakan daerah pesisir pantai selatan Jawa Barat yang terletak di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi dengan jarak tempuh sekitar 220 kilometer dari Ibu Kota Jakarta atau 230 kilometer dari Kota Bandung.Perjalanan ke pantai Ujung Genteng dapat ditempuh selama kurang lebih 3 – 4 jam dari kota Sukabumi atau sekitar 7 jam dari Jakarta. Jika dari Jakarta Anda harus melewati daerah Cibadak, Jampang Surade dan melewati kawasan kebun teh dengan jalan berliku seperti halnya kebun teh pada umumnya. Namun semua perjalanan yang jauh dan melelahkan itu akan terbayar lunas jika Anda sudah sampai di Ujung Genteng. Sebelum sampai ke Ujung Genteng, sepanjang jalan sudah terlihat pantai murni yang belum terjamah dihiasi pohon Kelapa untuk memberitahu Anda akan segera tiba di pantai Ujung Genteng.

Pantai Ujung Genteng memiliki karakteristik umumnya pantai selatan Pulau Jawa yang terkenal bersih air dan ombaknya yang besar, namun ombak besar dari tengah samudera lebih dulu pecah berserak lantaran terhalang gugusan karang laut di depan bibir pantai dan hanya ada cipratan ombak kecil yang sampai ke pinggir, terkadang pengunjung bias main ketengah laut yang dangkal karena karang, sehingga kita dapat menikmati alam dengan pantai yang indah, aman, dan nyaman sehingga tidak membuat pengunjung merasa takut untuk bermain di pantai.

Jangan pernah lewatkan sore dipinggir pantai Ujung Genteng, pada waktu ini adalah waktu terbaik  untuk duduk dipinggir pantai bersama pasangan atau teman-teman dengan menyaksikan matahari terbenam. Ini adalah momen tidak terlupakan dan sangat indah yang pernah saya lalui.

Di daerah Ujung Genteng sendiri terdapat banyak tempat menarik, seperti melihat langsung penyu hijau di pantai Pangumbahan, lokasi ini adalah favorit semua pengunjung. Waktu yang tepat mengintip penyu bertelur adalah dimalam hari, biasanya pada malam hari ini penyu akan naik dari dalam laut kemudian merangkak diatas pasir mencari tempat bagus untuk menyembunyikan telurnya. Atau Anda juga bisa ikut bersama-sama dengan pengunjung lainnya melepas anak penyu hasil budidaya penjaga pelestarian penyu di Ujung Genteng ini. Saat melepas dan menyaksikan anak penyu merangkak kedalam laut ini, adalah momen yang sangat bahagia setiap langkah kaki anak penyu seperti senyum indah dibibir yang tidak akan pernah lenyap dan akan terkenang seumur hidup.

Selain tempat penyu hijau, Ada juga lokasi di mana Anda bisa berselancar di atas ombak yang cukup menantang terkenal dengan sebutan ”ombak tujuh”. Lokasi ini merupakan kawasan favorit bagi wisatawan mancanegara untuk olahraga selancar. Sebutan ombak tujuh menurut penduduk karena ombaknya selalu berurutan tujuh ombak dan selalu besar-besar.

Bosan dengan nuansa pantai, Anda bisa menikmati Curug Cikaso yang terletak tidak jauh dari Ujung Genteng. Cikaso adalah nama sungai yang mengalir dari hulunya yang terletak di Sukabumi Utara hingga berakhir dengan muaranya di Pantai Selatan di daerah Kecamatan Surade, Sukabumi Selatan. Dari hulu hingga muaranya, air sungai cikaso mengaliri beberapa curaman tebing-tebing sungai membentuk curahan air terjun yang yang menakjubkan, sehingga diberi nama Curug (air terjun).

Curug Cikaso adalah Air terjun dengan ketinggian hampir 80 meter ini terdiri dari 3 air terjun dan lebar tebingnya hampir 100 meter. Biasanya para tamu setelah melapor ke loket tiket masuk, langsung disodorkan 2 buah tiket yaitu dan satu paket perahu motor untuk pergi pulang. Satu perahu berkapasitas maksimal 10 orang.  Sepanjang perjalan menuju curug, Anda akan disajikan rindangnya pohon yang terdapat dipinggir sungai.

Air terjun Cikaso menghempaskan jutaan percikan air yang jatuh menyentuh permukaan, dan pada saat itu angin akan membawa air tersebut menyentuh lembut wajah setiap pengunjung yang baru saja tiba, sehingga membuyarkan semua rasa letih dan menggantinya dengan kesegaran. Kata orang“ siapa saja yang mandi disini akan dipermudah jodohnya” percaya tidak percaya. Tetapi selain dari mitos tersebut, semua orang pasti ingin merasakan jernih dan dinginnya air terjun ini jika sudah melihatnya. Tidak percaya, segera atur liburan Anda menelusuri pantai Ujung Genteng dan Curug Cikaso.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s