Berwisata Sekaligus Kenal Sejarah

Pelabuhan SUnda Kelapa

Jakarta selaku Ibukota Negara mempunyai satu iconsejarah yang selama ini sudah dikenal seluruh dunia yaitu Monas, Monas(Monumen Nasional) sendiri merupakan salah satu sejarah hidup perjalanan Jakarta yang dibangun oleh Presiden RI pertama. Tetapi tahukan Anda, banyak tempat sejarah di Jakarta yang menarik dan patut dikunjungi selain Monas, salah satunya adalah kawasan Kota Tua di Jakarta Utara.

Kawasan Kota Tua selama ini sudah banyak dikenal oleh berbagai kalangan, terutama oleh kalangan Fotografer yang gemar memotret di bangunan-bangunan tua di kawasan ini. Menurut sejarah, Kota Tua mulai dibangun pada tahun 1619 oleh Gubernur jendral VOC jan Peterszoon Coen, bukti sejarahnya bisa kita baca di Museum Fatahilla atau di Museum Wayang.

Hampir setiap hari kawasan Kota Tua di datangi oleh banyak pengunjung, terutama dikawasan Museum fatahilla. Pengunjung akan lebih membludak lagi jika Anda berkunjung pada akhir pekan yaitu sabtu atau minggu. Di kawasan Kota Tua ini ada tempat menarik yang patut Anda kunjungi, yaitu Jembatan Intan, Museum bahari, Pelabuhan Sunda kelapa dan menara Syahbandar di Dekat Museum Bahari.

Untuk bisa mengunjungi tempat itu, pengunjung bisa menyewa sepeda sekaligus Guide sebagai pendamping untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya. Untuk bisa menyewa sepeda hanya dikenakan 30 ribu perjam dan 1 orang Guide sekitar 30 ribu. Cukup hanya 2 jam, Anda akan disuguhkan pengalaman menarik masuk ke Jakarta Tempo dulu.

Rute pertama sepeda melewati Jembatan Intan, Jembatan yang dibangun pada tahun 1628 ini menghubungkan sisi Timur dan Barat kota Intan di Jalan Kali Besar Barat. Di masa Aktifnya penjaga akan menarik tali pengungkit untuk menaikkan tali pengungkit jika ada kapal melintasi jembatan ini.

Rute selanjutnya menuju Museum Galangan VOC dan Menara Syahbandar. Pada tahun 1839 menara ini berfungsi sebagai kantor pabean atau pengumpulan pajak. Anda juga bisa menikmati pemandangan laut dengan naik ke atas menara. Rute terakhir mengunjungi Pelabuhan Sunda Kelapa,  konon Pelabuhan Sunda Kelapa telah mendunia sejak abad 12, kini pelabuhan ini sekedar tempat berlabuh kapal tradisional antar pulau yang mengangkut kayu dan yang lainnya

Jika Anda ingin berwisata sekaligus mengenal sejarah, cobalah berwisata menggunakan sepeda Onthel dan mengenal lebih dekat sejarah Jakarta, jangan ngaku kenal Jakarta jika belum mengetahui sejarahnya.

One thought on “Berwisata Sekaligus Kenal Sejarah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s